• All
  • Category 1
  • Category 2

Cara Setup Google Apps untuk Hosting Email

Google AppsDalam posting ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan setup Google Apps untuk hosting email. Cakupan posting ini ada pada langkah setup Google Apps. Langkah ini penting sebelum kita bisa menambahkan alamat email ke dalam Google Apps, membaca, dan mendownload email menggunakan device seperti BlackBerry atau dibaca di desktop menggunakan Microsoft Outlook.

Terdapat dua kondisi yang perlu diketahui sebelum kita melakukan setup Google Apps. Kondisi pertama kita sudah punya domain, tapi belum punya web hosting. Kondisi kedua kita punya domain dan web hosting. Cara setup antara kondisi pertama dan kedua berbeda. Dalam posting ini saya akan membahas kondisi kedua, dimana saya punya domain renang.com yang web hosting-nya di SaudagarWeb. Kondisi pertama akan saya ulas dalam posting terpisah.

Membuat Aplikasi Google Apps

Langkah pertama tentu saja membuat aplikasi Google Apps. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat aplikasi Google Apps untuk domain kita. Dalam contoh ini saya membuatkan aplikasi Google Apps untuk domain renang.com.

  1. Buka web browser, arahkan ke http://www.google.com/apps/intl/en/group/index.html.

  2. Dalam layar Google Appls Standar Edition yang ditampilkan, klik tombol Get Started.

    Google Apps Standard Edition

  3. Dalam layar Choose domain name, pilih Administrator: I own or control this domain dalam pilihan yang ada, kemudian masukkan nama domain Anda ke textbox Enter your domain name. Selanjutnya klik tombol Get Started.

    Google Apps get started

  4. Layar selanjutnya adalah Sign up. Isi informasi dalam form Sign up selengkap-lengkapnya sesuai dengan data organisasi kita. Gambar berikut menunjukkan contoh pengisian form Sign up.

    Form Sign up Google Apps

    Kemudian klik tombol Continue.

  5. Berikutnya muncul layar Set up. Dalam layar ini kita mengisikan username dan password untuk account Administrator dari domain yang kita daftarkan ke Google Apps.

    Form Set up Google Apps

    Klik tombol I accept. Continue with set up untuk melanjutkan.

  6. Tunggu beberapa saat sebelum layar Welcome to Google Apps dimunculkan. Setelah layar tersebut muncul, berarti kita sudah berhasil setup Google Apps. Gambar berikut menunjukkan layar Welcome to Google Apps.

    Welcome to Google Apps

    Dari gambar tersebut disebutkan bahwa Google Apps membutuhkan verifikasi bahwa nama domain tersebut adalah kepunyaan kita. Terdapat dua cara untuk melakukan verifikasi yaitu dengan meng-upload sebuah HTML file ke web hosting tempat domain kita berada, atau menambahkan informasi CNAME ke dalam DNS dari domain kita. Dalam demo ini saya menggunakan cara yang kedua.

    Pilih Change renang.com CNAME record, lalu klik tombol Continue.

  7. Layar berikutnya memunculkan informasi CNAME yang mesti kita tambahkan ke dalam domain kita.

    Verifikasi domain untuk Google Apps

    Sebelum kita bisa klik tombol I've completed the steps above, kita perlu menambahkan CNAME ke dalam domain kita yang akan saya jelaskan dalam bagian berikut ini. Jangan tutup layar setup Google Apps ini karena kita akan membutuhkannya dalam bagian berikutnya.

Menambahkan Informasi CNAME Google ke DNS

Agar Google Apps aktif, Google mesti tahu bahwa domain yang kita daftarkan adalah benar-benar milik kita. Untuk membuktikan hal tersebut, salah satu caranya adalah dengan cara menambahkan entry CNAME ke dalam DNS (Domain Name Server).

Berikut ini langkah-demi langkah menambahkan CNAME ke dalam DNS. Dalam demo ini saya menggunakan cPanel untuk mengubah informasi DNS.

  1. Login ke cPanel menggunakan username dan password domain kita. Caranya dengan mengetikan alamat domain kita di web browser ditambah dengan /cpanel. Misalnya untuk domain renang.com alamatnya adalah http://renang.com/cpanel.

    Login ke cPanel

  2. Selanjutnya layar cPanel akan ditampilkan. Scroll down dalam layar tersebut, cari grup Domain. Dalam grup Domain, klik icon Simple DNS Zone Editor. Gambar berikut ini menunjukkan icon yang dimaksud.

    Icon Simple DNS Editor

  3. Dalam layar Simple DNS Zone Editor, masukkan kode yang diberikan Google Apps sebagai CNAME record. Gambar berikut ini menunjukkan field-field mana yang mesti dimasukkan.

    Record CNAME Google Apps

    Selanjutnya klik tombol Add CNAME record. Setelah tombol ini diklik CNAME record sudah dibuat dalam DNS sehingga kita bisa melanjutkan langkah setup Google Apps.

  4. Kembali ke layar setup Google Apps yang kita biarkan sebelumnya, klik tombol I've completed the steps above. Sampai di sini Google Apps sudah berhasil kita setup.

    Langkah terakhir setup Google Apps

    Kemudian layar dashboard Google Apps akan ditampilkan seperti terlihat dalam gambar berikut ini.

    Layar dashboard Google Apps

Langkah selanjutnya adalah menambahkan email address ke dalam aplikasi Google Apps yang sudah berhasil kita setup. Saya akan menjelaskan bagaimana melakukan hal ini dalam posting terpisah.

Kesimpulan

Melakukan setup aplikasi untuk Google Apps cukup mudah dilakukan. Syarat utamanya adalah kita bisa mengakses DNS dari domain kita untuk menambahkan entri tertentu, atau meng-upload sebuah halaman HTML dalam webroot dimana file-file web kita di-host. Setup aplikasi Google Apps adalah langkah pertama sebelum kita bisa menambahkan email, membaca, dan mendownload email untuk keperluan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ketikkan Untuk Kritik dan saran anda Tentang V~net Di Sini ...